Kewirausahaan period Digital





KEWIRAUSAHAAN PERIOD DIGITAL( DIGITAL ENTREPRENEURSHIP)

Bayangkan jika bisnis Anda dapat menjangkau ratusan, ribuan, jutaan, atau milyaran pelanggan potensial di mana saja di dunia, hampir setiap saat, dengan teknologi yang sangat murah. Bayangkan Anda dapat membuat sebuah produk dan layanan terbaru di perangkat pribadi, lalu mengirimkannya dengan jangkauan global secara cepat dan mudah. Bayangkan kalau Anda dapat memilih cara-cara untuk menghasilkan pendapatan bagi bisnis Anda dari iklan, penjualan, langganan, atau bahkan donasi dan crowdfunding.
Inilah dunia kewirausahaan period digital ( digital entrepreneurship), yaitu kewirausahaan yang dipengaruhi oleh, atau memanfaatkan transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat. Prinsip-prinsip dasar kewirausahaan masih berlaku dan dapat diterapkan di dunia kewirausahaan period digital ini, seperti menumbuhkan pola pikir kewirausahaan, mengidentifikasi peluang yang baik, mengenal pelanggan Anda, memenuhi ketentuan legal, maupun berupaya untuk meningkatkan modal. Dalam kewirausahaan period digital, perubahan mendasar terletak pada upaya untuk aktif dalam aktivitas bisnis dan terkoneksi dengan masyarakat yang telah melek digital. 
Ada beberapa hal yang membuat kendala- kendala berwirausaha dapat diminimalisir dalam period digital ini, yakni dengan membuat upaya berwirausaha menjadi lebih cepat, lebih terjangkau, lebih mudah, bahkan menciptakan banyak kesempatan kerjasama sehingga dapat membuat suatu usaha menjadi lebih efektif. Dunia digital menawarkan sumber daya baru yang sangat luas bagi para wirausahawan untuk memanfaatkan, mulai dari pengumpulan data terbuka, kode, konten dan layanan yang tumbuh secara eksponensial hingga kontribusi online pengguna dan komunitas di seluruh dunia. Dunia digital pun menyediakan cara baru untuk menggabungkan sumber daya ini. Misalnya, bisnis kecil dapat memanfaatkan jaringan periklanan besar, freelancer global, chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) , atau penerjemahan bahasa hanya dengan beberapa klik atau beberapa baris kode.

Terdapat lima tipe dasar bisnis digital menurut Allen( 2019), yakni Content- Based Business, Community- Based Business, Online Store, Matchmaking Business, dan Promotion Business.
    1. Content- Grounded Business berupaya untuk memberikan nilai kepada pelanggan dengan menyediakan konten yang spesifik dalam format digital. Konten ini dapat meliputi resep, artikel, videotape, webinar, panduan, dan masih banyak lagi. Tantangan utama dalam tipe bisnis ini adalah bagaimana mencari topik yang tepat, dan perlu usaha untuk melakukan pemutakhiran konten secara konsisten.
    2. Community- Grounded Business menawarkan nilai dengan cara menyediakan forum diskusi dan konten spesifik yang sebagian besar merupakan kontribusi dari penggunanya.
    3. Toko Online, seperti yang banyak kita jumpai saat ini, merupakan platform penjualan produk barang atau jasa. Anda dapat memulai bisnis ini dengan berkolaborasi dengan pengusaha lain yang memiliki produk bagus namun belum memahami bagaimana cara menciptakan toko daring. Kemudian, secara bertahap Anda dapat mengumpulkan data untuk memperoleh pemahaman terkait preferensi konsumen, dan menemukan peluang untukcross-selling maupun upselling, atau bahkan berlangganan( subscription).
    4. Matchmaking Business berupaya untuk mempertemukan sekelompok orang yang sebelumnya tidak pernah terhubung. Tentu saja bisnis ini bukan hanya terbatas pada platform perjodohan, namun juga dapat berupa platform untuk mempertemukan siswa dan practitioner les, pengasuh anak dan konsumen orang tua yang memerlukan pengasuh, atau bahkan antara ahli potong rambut/ ahli make up dengan konsumen yang memerlukan jasa tersebut. Biasanya bisnis ini memperoleh pendapatan dari biaya berlangganan atau biaya transaksi ketika berhasil mempertemukan kedua belah pihak yang saling memerlukan.
    5. Promotion Business bertujuan untuk menarik pelanggan baru ke suatu bisnis yang sudah ada( being). Sebagian besar business yang sudah ada( being) tertarik untuk mendapatkan pelanggan baru namun cara untuk memperoleh pelanggan baru di dunia digital ini bisa sangat memusingkan bagi pemilik usaha kecil menengah atau start- up business. Promotion Business dapat menarik customer baru dan membuat mereka melakukan kontak dengan suatu institusi bisnis, mengunduh informasi, memberikan kupon atau penawaran spesial.
    Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan dan mengeksplorasi kesempatan yang ada dalam dunia kewirausahaan digitaldigital? 

    Referensi

    Allen, J.A . 2019. Digital Entrepreneurship. New York: Routledge




    Sumber :

    Youtube saya :





    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Urgensi Wirausaha Dalam Meningkatkan Perkembangan Bangsa

    Susu Kambing Etawa Bubuk Supergoat